Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet – Internet memiliki dampak besar pada kehidupan kita dan hal itu telah mengubah hidup kita sepenuhnya. Internet adalah tempat pertama, di mana Anda ingin mencari masalah dan pertanyaan Anda. Banyak artikel telah ditulis di Internet, bagaimana cara membeli barang, bagaimana melakukan ini dan bagaimana melakukannya.

Internet adalah sistem berkerumun jaringan komputer yang saling terkait yang menggunakan protokol protokol Internet standar (IP) atau protokol kontrol transmisi (TCP). Ini adalah jaringan global jutaan jaringan pribadi, publik dan organisasi. Ini membawa sejumlah besar sumber informasi dan data dalam bentuk dokumen dan aplikasi HTTP (Hypertext Markup language) melalui World Wide Web (WWW).

Fungsi umum berbagi adalah: email, file sharing, telephony dan p2p networks. Internet benar-benar mengubah bentuk keseluruhan profesi dunia. Saluran TV, perusahaan seluler, surat kabar, buku, pengecer menggunakan teknologi situs web untuk mengeluarkan layanan mereka.

Tidak ada yang mustahil hari ini. Semua jenis komunikasi verbal, jejaring sosial, belanja online dan layanan keuangan dilakukan melalui Internet.

Ekstranet dan intranet juga mengandalkan internet. Pertama, ini adalah periode waktu ketika telepon rumah digunakan sebagai sarana untuk mengakses internet tapi sekarang dengan evaluasi teknologi, Wi-Fi dan layanan broadband nirkabel lainnya juga telah masuk ke pasar.

Sekarang dunia global jaringan tak terbatas jaringan yang terdiri dari jutaan pengguna di seluruh dunia dari sektor publik, swasta, bisnis dan sektor lainnya. Ini membawa dan berbagai data dan informasi yang kemudian didistribusikan ke seluruh dunia melalui sistem World Wide Web, file sharing, cloud sharing, telephony, newsgroup UseNet, dll.

Namun, bekerja di internet dimulai pada akhir tahun 80an namun Ini mulai populer di dunia pada awal tahun 90an. Saat ini, sepertiga penduduk dunia menggunakan internet secara langsung atau tidak langsung. Hari ini digunakan di hampir semua aspek luge, baik itu Ebanking, belanja online, layanan keuangan, hiburan, pendidikan atau hal lainnya.

Ada tujuh benua di dunia dan sekarang internet juga dianggap sebagai benua kedelapan dunia. Tidak ada badan pengelola pusat dari internet dan terdiri dari berbagai jaringan otonom yang beroperasi sebagai media interkoneksi.
Intranet

intranet Intranet adalah sistem jaringan komputer di mana sistem organisasi tertentu berbagi informasi, layanan komputasi dan sistem operasional satu sama lain dengan menggunakan teknologi Internet (IP).

Baca juga:

Pengertian jaringan komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Mancam Macam Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer

Istilah ini pada dasarnya mengacu pada jaringan organisasi tertentu. Anda juga bisa mengatakan itu jaringan pribadi. Pengguna yang diautentikasi dari organisasi dapat mengakses sistem database, mesin pencari, direktori dan dapat mendistribusikan dokumen dan alur kerja.

Karyawan dapat membuat komunikasi interaktif dalam bentuk chatting, audio dan videoconference, groupware dan telekonferensi. Manfaat Intranet adalah bahwa biaya pengembangan dan pemeliharaan yang rendah muncul pada penyiapan ini. Ini juga merupakan sarana ramah lingkungan dan dengan cepat berbagi informasi rahasia tepat waktu.

Ini juga jenis internet yang hanya terbatas pada lingkungan internal organisasi saja. Sistem TI internal sebuah organisasi adalah contoh intranet terbaik. Dengan cara itu, intranet memiliki fungsi yang sangat terbatas dalam hal wilayah geografis. Perusahaan tempat intranet digunakan dengan sendirinya menciptakan titik utama untuk sistem komunikasi dan kolaborasi internal yang dapat diakses oleh orang yang berwenang saja.

Ini meski memanfaatkan teknologi jaringan area luas dan jaringan area lokal namun tetap saja karyawan sebuah organisasi tetap menjadi satu-satunya pengguna. Intranet mulai tumbuh di seluruh dunia setelah internet ketika beberapa organisasi besar mulai mengembangkan sistem internet internalnya sendiri yang kemudian dinamai sebagai intranet.

Tujuan utama intranet adalah memastikan kolaborasi, komunikasi, dan tim kerja yang aman dalam organisasi manapun. Tidak seperti internet yang dikelola oleh penyedia jaringan otonom, intranet dikelola dan dikelola oleh departemen CIO, HR atau komunikasi suatu organisasi.

Menurut penelitian Intranet Design Annual, pengguna intranet secara bertahap meningkat karena memberikan keamanan dan privasi lebih kepada perusahaan besar dibandingkan dengan internet publik yang terbuka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s