Perbedaan Software dan Aplikasi

Perbedaan Software dan Aplikasi – Perangkat lunak adalah istilah yang mencakup semua yang digunakan berbeda dengan perangkat keras, yang merupakan komponen nyata dari komputer. Jadi segala sesuatu yang lain di komputer Anda yang bukan perangkat keras adalah perangkat lunak.

Aplikasi pada dasarnya adalah jenis perangkat lunak. Jadi perbedaan antara software dan aplikasi sangat mirip dengan perbedaan antara rectangle (software) dan square (aplikasi); semua aplikasi adalah perangkat lunak, namun tidak semua perangkat lunak adalah aplikasi.

Baca juga: Perbedaan Hardware dan Software

Poin utama yang membuat sebuah software sebuah aplikasi adalah executable. Tujuan utama sebuah aplikasi adalah melakukan tugas atau rentang tugas tertentu. Oleh karena itu penting bahwa ia mampu melaksanakan dan menjalankan instruksinya untuk mencapai hal ini.

Jika perangkat lunak tidak dapat dieksekusi, maka tidak dapat dianggap sebagai aplikasi. Driver perangkat, manual, gambar, dan dokumen hanyalah beberapa perangkat lunak yang bukan aplikasi.

Juga efek samping dari pernyataan sebelumnya adalah kenyataan bahwa aplikasi terbatas pada sistem operasi tertentu. Aplikasi Windows tidak dapat dijalankan di platform Mac atau Linux dan oleh karena itu tidak dianggap sebagai aplikasi dalam sistem operasi yang disebutkan di atas.

Meskipun perangkat lunak mungkin atau mungkin tidak dikenali pada platform yang berbeda, perangkat lunak mungkin tidak dapat dikenali lagi karena perangkat lunak tersebut masih dapat dianggap sebagai perangkat lunak.

Menjadi executable tidak eksklusif untuk aplikasi meskipun beberapa executable tidak dianggap sebagai aplikasi. Contoh dari hal ini adalah software yang merupakan bagian dari sistem operasi. Ini sangat jelas di OS DOS kuno. Sebuah instalasi DOS berisi beberapa executable yang diperlukan agar bisa berfungsi dengan baik. Ini tidak dianggap sebagai aplikasi.

Lastyl, agar aplikasi bermanfaat, diperlukan interaksi pengguna. Bahkan antivirus dan jenis perangkat lunak keamanan lainnya yang mencoba untuk menjadi tidak mencolok mungkin memerlukan beberapa interaksi pengguna dari waktu ke waktu. Sebaliknya, mayoritas pengguna komputer tidak mengetahui tentang perangkat lunak dan driver perangkat BIOS meskipun penting dalam fungsi komputer.

Ringkasan:

1. Perangkat lunak adalah istilah yang mencakup segala-macam untuk data komputer sementara aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang melakukan tugas tertentu

2. Aplikasi dapat dieksekusi saat perangkat lunak mungkin atau mungkin tidak dapat dieksekusi

3. Aplikasi sering sistem operasi tertentu sedangkan software tidak harus begitu

4. Aplikasi biasanya membutuhkan interaksi pengguna agar berfungsi sementara perangkat lunak tidak harus

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s