Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Pengertian Motherboard dan Fungsinya – Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua bagian komputer secara bersamaan. CPU , memori , hard drive , dan port dan kartu ekspansi lainnya terhubung ke motherboard secara langsung atau melalui kabel.

Motherboard adalah bagian dari perangkat keras komputer yang bisa dianggap sebagai “tulang punggung” PC, atau lebih tepat sebagai “ibu” yang memegang semua bagian bersama.

Ponsel, tablet dan perangkat kecil lainnya juga memiliki motherboard, tapi sering disebut papan logika .

Komponen mereka biasanya disolder langsung ke papan untuk menghemat ruang, yang berarti tidak ada slot ekspansi untuk upgrade seperti yang Anda lihat di komputer desktop.

IBM Personal Computer yang dirilis pada tahun 1981, dianggap sebagai motherboard komputer pertama (disebut “planar” pada saat itu).

Pabrikan motherboard ternama antara lain ASUS , AOpen , Intel , ABIT , MSI , Gigabyte , dan Biostar .

Catatan: Motherboard komputer juga dikenal sebagai mainboard , mobo (singkatan), MB (singkatan), board sistem, baseboard , dan bahkan papan logika . Papan ekspansi yang digunakan pada beberapa sistem yang lebih tua disebut papan nama.
Komponen Motherboard

Segala sesuatu dibalik kasus komputer ini terhubung dalam beberapa cara ke motherboard sehingga semua bagian bisa saling berkomunikasi.

Ini termasuk kartu video , kartu suara , hard drive, drive optik , CPU, RAM sticks, port USB , power supply , dll.

Pada motherboard juga ada slot ekspansi, jumper , kapasitor, perangkat power dan koneksi data, kipas angin, heat sink, dan lubang sekrup.
Fakta Penting tentang Motherboard

Motherboard desktop, kasus dan pasokan listrik semuanya masuk dalam berbagai ukuran yang disebut faktor bentuk . Ketiganya harus kompatibel untuk bekerja dengan baik bersama.

Motherboard sangat bervariasi sehubungan dengan jenis komponen yang mereka dukung. Sebagai contoh, setiap motherboard mendukung satu jenis CPU dan daftar pendek tipe memori. Selain itu, beberapa kartu video, hard drive, dan periferal lainnya mungkin tidak kompatibel. Pabrikan motherboard harus memberikan panduan yang jelas tentang kompatibilitas komponen.

Di laptop dan tablet, dan bahkan di desktop, motherboard sering menggabungkan fungsi kartu video dan kartu suara. Ini membantu menjaga jenis komputer ini berukuran kecil. Namun, ini juga mencegah komponen built-in agar tidak ditingkatkan versinya.

Mekanisme pendinginan yang buruk di tempat untuk motherboard dapat merusak perangkat keras yang melekat padanya. Inilah sebabnya mengapa perangkat berperforma tinggi seperti CPU dan kartu video high-end biasanya didinginkan dengan heat sink, dan sensor terintegrasi sering digunakan untuk mendeteksi suhu dan berkomunikasi dengan BIOS atau sistem operasi dengan kecepatan kipas biasa.

Perangkat yang terhubung ke motherboard sering membutuhkan driver perangkat yang terpasang secara manual agar bisa bekerja dengan sistem operasi. Lihat Cara Memperbarui Driver di Windows jika Anda memerlukan bantuan.
Deskripsi Fisik sebuah Motherboard

Di desktop, motherboard terpasang di dalam case , di seberang sisi yang paling mudah diakses.

Ini terpasang dengan kencang melalui sekrup kecil melalui lubang pra-pengeboran.

Bagian depan motherboard berisi port yang terhubung dengan komponen internal. Satu soket / slot menampung CPU. Beberapa slot memungkinkan satu atau lebih modul memori dilekatkan. Port lainnya berada pada motherboard, dan ini memungkinkan hard drive dan drive optik (dan floppy drive jika ada) terhubung melalui kabel data.

Kabel kecil dari bagian depan kotak komputer terhubung ke motherboard untuk memungkinkan lampu daya, reset, dan lampu LED berfungsi. Daya dari catu daya dikirim ke motherboard dengan menggunakan port yang dirancang khusus.

Juga di bagian depan motherboard terdapat sejumlah slot kartu periferal. Slot ini adalah tempat kebanyakan kartu video, kartu suara, dan kartu ekspansi lainnya terhubung ke motherboard.

Di sisi kiri motherboard (sisi yang menghadap ke belakang dari desktop case) adalah sejumlah port. Port ini memungkinkan sebagian besar periferal eksternal komputer terhubung seperti monitor , keyboard , mouse , speaker, kabel jaringan dan lainnya.

Semua motherboard modern juga menyertakan port USB, dan port lain seperti HDMI dan FireWire, yang memungkinkan perangkat yang kompatibel terhubung ke komputer Anda saat Anda membutuhkannya – perangkat seperti kamera digital, printer, dll.

Motherboard dan case desktop dirancang sedemikian rupa sehingga ketika kartu periferal digunakan, sisi kartu pas di luar bagian belakang, membuat port mereka tersedia untuk digunakan.

 

www.google.com

3 tanggapan untuk “Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Komentar ditutup.