Pengertian Hard Disk Komputer dan Fungsinya

Pengertian Hard Disk Komputer dan Fungsinya – Masih membahas perangkat keras komputer. Sekarang kita akan sama-sama mempelajari tentang seluk-beluk harddisk. Dari mulai pengertian, fungsi, jenis dan lain-lain. Maka dari itu, baca terus artikel ini.

Pengertian Hard Disk Komputer dan Fungsinya

pengertian hard disk dan fungsinya

Hard disk adalah perangkat keras penyimpanan data utama dan biasanya terbesar di komputer. Sistem operasi, judul perangkat lunak, dan sebagian besar file lainnya disimpan di hard disk .

Hard disk kadang-kadang disebut sebagai “C” karena Microsoft menunjuk huruf “C” ke partisi utama pada hard disk primer di komputer secara default.

Misalnya, beberapa komputer memiliki beberapa partisi (misalnya, C, D, dan E) yang mewakili area di satu atau beberapa hard disk .

Hard disk juga menggunakan nama HDD (singkatannya), hard disk , hard disk, fixed , fixed disk, dan fixed disk .

Produsen hard disk yang Populer

Beberapa produsen hard disk paling populer termasuk Seagate, Western Digital, Hitachi, dan Toshiba.

Anda bisa membeli merek hard disk ini, dan yang dari produsen lain, di toko dan online, seperti melalui Amazon.

Deskripsi Fisik hard disk
Hard disk biasanya memiliki ukuran seperti buku paperback.

Sisi hard disk memiliki lubang ulir yang mendebarkan untuk dipasang dengan mudah di tempat 3,5 inci di komputer. Pemasangan juga dimungkinkan di tempat berukuran 5.25 inci yang lebih besar dengan adaptor. hard disk sudah terpasang sehingga ujungnya dengan koneksi wajah di dalam komputer.

Bagian belakang hard disk berisi port untuk kabel yang terhubung ke motherboard. (baca komponen motherboard) Jenis kabel yang digunakan (SATA atau PATA) tergantung pada jenis tapi hampir selalu disertakan dengan pembelian hard disk . Juga di sini adalah koneksi untuk daya dari catu daya.

Baca: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Kebanyakan hard disk juga memiliki pengaturan jumper di bagian belakang yang menentukan bagaimana motherboard mengenali ketika lebih dari satu hadir.

Pengaturan ini bervariasi dari ke , jadi periksalah dengan produsen hard disk Anda untuk rinciannya.

Cara Kerja Harddisk

Tidak seperti penyimpanan volatile seperti RAM, hard disk menyimpan data kendaranya meski dimatikan. Inilah sebabnya mengapa Anda bisa me-restart komputer, yang memberi kekuatan pada HDD, namun tetap memiliki akses ke semua data saat kembali menyala.

Baca juga: Pengertian RAM dan Fungsinya, Jenis Jenis RAM

Di dalam hard disk ada sektor yang berada di trek, yang disimpan di piring berputar. Piring-piring ini memiliki kepala magnetik yang bergerak dengan lengan aktuator untuk membaca dan menulis data ke .

Jenis Jenis Hard disk

Hard disk komputer bukan satu-satunya jenis hard disk , dan SATA dan PATA bukan satu-satunya cara mereka dapat terhubung ke komputer. Terlebih lagi, ada banyak ukuran hard disk yang berbeda, beberapa sangat kecil dan yang lainnya agak besar.

Sebagai contoh, flash umum memiliki hard disk juga, tapi tidak berputar seperti hard disk tradisional. Flash memiliki solid state built-in dan terhubung ke komputer melalui USB.

USB hard disk lain adalah hard disk eksternal, yang pada dasarnya adalah hard disk yang telah dimasukkan ke dalam kasusnya sendiri sehingga aman berada di luar komputer. Mereka biasanya berinteraksi dengan komputer melalui USB tapi beberapa menggunakan FireWire atau eSATA.

Sebuah kandang eksternal adalah perumahan untuk hard disk internal. Anda bisa menggunakannya jika ingin “mengubah” hard disk internal menjadi eksternal. Mereka juga menggunakan USB, FireWire, dan sebagainya.

Kapasitas penyimpanan Hard Disk

Kapasitas hard disk adalah faktor besar dalam menentukan apakah seseorang akan membeli perangkat tertentu seperti laptop atau telepon. Jika kapasitas penyimpanannya agak kecil, berarti akan mengisi dengan file lebih cepat, sedangkan yang memiliki banyak dan banyak penyimpanan bisa menangani lebih banyak data.

Memilih hard disk berdasarkan berapa banyak penyimpanan yang dapat disimpan benar-benar sesuai dengan pendapat dan keadaan.

Jika Anda memerlukan tablet, misalnya, yang dapat menyimpan banyak video, Anda pasti ingin memastikannya menggunakan kartu memori 64 GB dan bukan yang berukuran 8 GB.

Hal yang sama berlaku untuk hard disk komputer. Apakah Anda ingin menyimpan banyak video atau gambar HD, atau sebagian besar file Anda dicadangkan secara online?

Pilihan penyimpanan offline dan di rumah memungkinkan Anda membeli hard disk internal atau eksternal yang mendukung 4 TB versus yang berukuran 500 GB. Lihat Terabyte, Gigabytes, & Petabytes: Seberapa Besarnya? jika Anda tidak yakin bagaimana unit pengukuran ini dibandingkan.

Iklan